Minggu, 26 Januari 2014

bingung MAU BUAT LAPORAN ? SAYA KASIH SEDIKIT TIPS SIMPEL !!

Contoh Laporan Kegiatan dan Cara Membuatnya




Laporan Kegiatan merupakan laporan yang dibuat oleh seseorang atau kelompok orang setelah selesai melaksanakan sebuah acara atau kegiatan. Laporan tersebut bisa dibuat oleh panitia kegiatan maupun oleh pesertanya yang menjadi bukti bahwa benar telah melaksanakan sebuah kegiatan dan menjadi bahan pertanggungjawaban kepada atasan atau orang yang membiayai kegiatan tersebut.
contoh-laporan-kegiatan-dan-cara-membuatnya
Laporan kegiatan juga bisa menjadi bahan untuk dievaluasi apakah pelaksanaan kegiatan tersebut sukses atau perlu dilakukan perbaikan agar kedepan dapat dilaksanakan dengan lebih baik lagi. Untuk lebih jelasnya sebuah laporan kegiatan dapat digunakan antara lain sebagai :
1. Acuan untuk peningkatan dan rencana kegiatan selanjutnya.
2. Acuan dalam pengambilan kebijakan yang dilakukan oleh atasan atau manajemen
3. Alat bukti bahwa kegiatan tersebut telah di laksanakan
4. Bahan monitor dan evaluasi tahapan kegiatan yang sedang berjalan.
Penyampaian laporan kegiatan dapat dilakukan melalui :
  1. Laporan lisan yakni melaporkan secara langsung kepada atasan atau pemberi dana yang dilakukan secara langsung melalui diskusi langsung dengan tatap muka, melalui telepon, sms dan sebagainya yang sifatnya interaktif.
  2. Laporan tulisan sederhana yaitu bentuk laporan dengan menggunakan tulisan sederhana atau surat yang tidak terlalu formil dan bisanya tidak bisa langsung interaktif.
  3. Laporan formil dan lengkap adalah bentuk laporan dengan tata bahasa ilmiah dan menggunakan format baku disertai dengan data dukung kegiatan dan biasanya sudah dijilid rapi.
Sebuah laporan kegiatan bila dibuat secara sistematis setidaknya mencakup hal-hal berikut :
  1. Apa yang dilakukan
  2. Mengapa itu dilakukan
  3. Siapa yang melakukan
  4. Dimana tempat melakukan
  5. Kapan waktu melakukan
  6. Bagaimana cara melakukan
Apabila ke 6 hal diatas sudah diidentifikasi maka langkah selanjutnya adalah membuat format laporan kegiatan sebagai berikut :
1. Pendahuluan, yang memuat :
  • Latar belakang kegiatan
  • Dasar hukum kegiatan
  • Maksud dan tujuan kegiatan
  • Ruang lingkup
2. Isi Laporan yang terdiri dari :
  • Jenis kegiatan
  • Tempat dan waktu
  • Petugas kegiatan
  • Persiapan dan rencana kegiatan
  • Peserta kegiatan
  • Kesulitan dan hambatan
  • Hasil kegiatan
  • Kesimpulan dan saran
3. Penutup, setidaknya berisi :
  • Ucapan terima kasih kepada penyandang dana atau pemberi mandat
  • Harapan untuk masa yang akan datang
Agar laporan yang dibuat terlihat menarik dan tidak membosankan perlu diperhatikan hal-hal sebagai berikut :
  • Buat laporan secara singkat, padat dan jelas
  • Gunakan bahasa yang sederhana agar mudah dimengerti
  • Secara sistematis step by step
  • Mencakup semua detil kegiatan
  • Desain dan cover yang menarik
  • Terupdate, akurat dan akuntabel
  • Dibuat sesuai dengan jadwal kerja dan tepat pada waktunya
  • Melampirkan foto, kwitansi, surat izin dan dokumen lain yang diperlukan
  • Mengacu pada proposal sebelumnya
Untuk memudahkan berikut disajikan beberapa contoh laporan kegiatan :
Demikian Contoh Laporan Kegiatan dan Cara Membuatnya semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar